Latest News

Sunday, 30 April 2017

Raimuna Cabang II Kota Kupang: Dipenuhi Ragam Kegiatan Pelatihan


Kota Kupang, Cakrawala NTT - Tenda yang bewarna hijau gelap itu tampak terlalu kecil dan tidak dapat menampung puluhan peserta yang di siang hari itu, pukul 10.00 WITA, pada hari Jumat,28 April 2017, sedang mengikuti Pelatihan Jurnalistik.  Di dalam suasana yangg dapat dikatakan tidak terlalu nyaman serta menantang itu, perserta pelatihan terlihat penuh semangat melaksanakan instruksi-instruksi yang diberikan.Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari Raimuna Cabang II Kota Kupang yang berlangsung di Hutan Penelitian Badan Lingkungan Hidup Provinsi NTT yang terleta di Jalan  Alfonsus Nisnoni No.7, Air Nona, Kec. Kota Raja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Menurut jadwal, kegiatan akan dilangsungkan selama empat hari dimulai dari Rabu,26 April 2017 hingga Sabtu,29 April 2017.

Raimuna sendiri adalah kegiatan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna umumnya diselenggarakan setiap lima tahun, dan dimulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional. Sesuai namanya, Raimuna Cabang II,kali ini merupakan Raimuna kedua bagi Kwartir Cabang kota Kupang. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh DKC (Dewan Kerja Cabang), dan para pesertanya datang dari Gugus Depan (Gudep) Penegak sekota Kupang. “ Peserta yang hadir datang dari tiga belas Gudep di Kota Kupang, masing-masing Sangga atau Umpi (satuan regu untuk pramuka tingat penegak) terdiri dari 6 hingga 10 anggota, jadi jumlah totalnya 242 anggota pramuka ditambah dengan Pembina Kontingan sejumlah 26 orang, dan Pembina Pendamping sejumlah 26 orang.” Jelas Chrispianus M.K. Sebleku, Ketua DKC Kwartir Cabang Kota Kupang.

Ditanya tentang perbedaan di Raimuna kali ini dengan Raimuna sebelumnya, Chrispianus menuturkan bahwa pada Raimuna pertama, yang diadakan di tahun 2012, kegiatan berfokus kepada pemberian materi dari Saka (Satuan Karya) Pramuka yang ada di Kota Kupang. sedangkan kegiatan pada Raimuna II kali ini, adalah kegiatan yang bersifat lapangan dan materi-materi yang berupa pengetahuan umum. “ Kami memasukan pelatihan-pelatihan praktis seperti pembuatan pupuk kompos, pelatihan jurnalistik, dan pengetahuan kedirgantaraan.” Terang Chrispianus.   

Beberapa materi lapangan yang diberikan adalah Bivak (tempat berlindung dari gangguan cuaca) dan Survival, Jelajah Rimba, dan Pengetahuan tentang hewan Ular. Pukul 12.00 WITA cuaca menunjukkan gejala akan turun hujan, namun peserta Raimuna tetap dengan semangat mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan Jelajah Rimba yang akan segera dimulai. Raimuna ini merupakan salah satu bentuk persiapan bagi para anggota Penegak dari Gudep-Gudep di Kota Kupang untuk menghadapi Raimuna Daerah dan Raimuna Nasional, yang akan diadakan pada tahun ini. Pada bulan Juli, Raimuna Daerah akan diadakan di Lembata, dan pada bulan Agustus Raimuna Nasional akan diadakan di Cibubur. (Armando)
comments

No comments:

Post a Comment