Latest News

Tuesday, 25 April 2017

Mewujudkan Kota Kupang yang Cerdas





Kota Kupang, Cakrawala NTT - Perpustakaan Kota Kupang merupakan salah satu perpustakaan umum yang berkewajiban menggalakan dan meningkatkan minat baca pada generasi muda dan masyarakat Kota Kupang. Untuk itu, melalui Hari Ulang Tahun Kota Kupang yang ke-21, Pemerintah Kota Kupang lewat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyelenggarakan lomba perpustakaan dengan sub tema: Dengan Pameran buku 2017 kita ciptakan masyarakat membaca menuju masyarakat belajar di Kota Kupang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggerakan dan menumbuhkembangkan budaya dan kegemaran membaca bagi masyarakat Kota Kupang, dan sebagai wahana interaksi antara masyarakat dan pemustaka guna mengupdate perkembangan pembukuan yang ada untuk mendorong minat baca dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Kota Kupang.

Wakil Walikota Kota Kupang, Herman Man, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut di halaman belakang kantor wali kota, Selasa (25/4/2017), mengatakan, perpustkaaan merupakan gudang ilmu untuk bisa menjadi orang yang cerdas.

“Saya rasa kita semua dibesarkan karena membaca. Jadi menurut saya perpustakan itu penting dan merupakan gudang ilmu. Untuk menjadi seorang yang cerdas, perpustakaan adalah tempatnya,” tutur Herman.

Herman juga menambahkan, untuk mewujudkan Kota kupang yang cerdas, perlu diadakan hari berbahasa Inggris (English day) baik di tingkat sekolah maupun pada instansi pemerintah. “Saya kira perlu adanya English day, untuk setiap sekolah mulai dari SD, SMP juga di instansi pemerintah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” tegasnya.
Pameran dalam rangka meriahrayakan ulang tahun Kota Kupang diikuti oleh 23 kelompok, diantaranya, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakan sekolah, perpustakaan kecamatan, perpustakaan lembaga keagamaan, penerbit atau tokoh buku, serta para pengusaha yang mempromosikan produk-produknya.

Perlombaan dan pameran dilaksanakan mulai tanggal 25-29 April 2017,  jam 09.00 - 15.00 Wita, bertempat di halaman belakang kantor wali kota. Jenis kegiatan yang akan dilangsungkan selama 5 hari tersebut adalah pameran buku yang dirangkaikan dengan 3 kegiatan lomba,yaitu Membawakan cerita rakyat dari NTT, Lomba berpidato bagi siswa-siswi dengan tema “Terwujudnya peningkatan budaya baca masyarakat NTT melalui gemar membaca”, dan Pemilihan Duta baca anak dan remaja bagi siswa-siswi SMA dengan tema “Inovasi perpustakan yang berbasis teknologi infomasi dan komunikasi kita wujudkan generasi gemar membaca”.

Selain kegiatan lomba tersebut, perayaan HUT Kota Kupang juga diisi beberapa kegiatan yaitu lomba mewarnai untuk tingkat TK kerja sama antara Dinas Kearsipan Perpustakan dengan tokoh buku Gramedia dan Pegadaian Cabang Oepura. Ada juga kuis berhadiah bagi pengunjung pameran.(adj)



comments

No comments:

Post a Comment