Latest News

Tuesday, 13 December 2016

Bimtek TIK bagi Guru SMA PGRI Waingapu

Bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran” bagi guru dan pegawai SMA PGRI Waingapu

Waingapu, Cakrawala NTT

Tanggal 13 Desember 2016 bertempat di ruang komputer SMA PGRI Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, diadakan bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran” bagi guru dan pegawai di sekolah tersebut. Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMA PGRI Waingapu, Rambu Mbangi Rawambaku, S.Pd.

Dalam sambutannya, Rawambaku menekankan pentingnya penggunaan TIK dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Menurutnya, guru masa kini perlu belajar tentang bagaimana menggunakan TIK dalam pembelajaran. Tanpa belajar, guru-guru bisa ketinggalan dan kegiatan pembelajaran akan berjalan di tempat tanpa adanya inovasi dan kreativitas.  

“Jangan bilang kegiatan ini tidak penting. Kenyataan sekarang, anak-anak lebih hebat dan lebih canggih dari guru dalam hal penggunaan teknologi. Karena itu guru harus belajar agar tidak ketinggalan. Kalau sudah seperti itu, maka ke depan TIK tidak hanya untuk facebook atau bermain game saja, tetapi juga untuk pembelajaran. Kita punya ruang komputer yang memadai. Gunakan itu secara baik,” tegas Rawambaku.

Para narasumber
Sementara itu mewakili MPC NTT, Robert Fahik, S,Fil., MSi., menyentil soal pengembangan profesionalisme guru. Fahik mengutip beberapa point penting dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, serta Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, yang menekankan pentingnya peningkatan dan pengembangan kualifikasi akademik dan komptenesi guru secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

“Terlepas dari regulasi yang dikeluarkan pemerintah, kami memandang bahwa guru memang harus menjadi penggerak utama dalam peningkatan mutu pendidikan yang didukung dengan peningkatan kualitas guru. Dan sejauh ini kami sebagai media pendidikan telah memulai proses itu dengan menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah di berbagai daerah di NTT. Kita adakan pendampingan menulis dan juga TIK terutama dalam konteks pembelajaran. Kita terus mendorong agar guru-guru punya motivasi dalam hal belajar sehingga benar-benar menjadi professional di bidangnya dan menjadi penggerak utama dalam dunia pendidikan,” kata Fahik.     

Dalam kegiatan yang berlangsung hingga tanggal 16 Desember 2016 tersebut, lebih dari 50 guru dan pegawai SMA PGRI Waingapu didampingi dalam pembuatan blog pribadi serta penggunaan program Microsoft Excel dan Power Point dalam pembelajaran. Didukung persediaan komputer serta jaringan internet sekolah yang memadai, para perserta antusias mengikuti kegiatan. (*)  

Suasana bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran” bagi guru dan pegawai SMA PGRI Waingapu

Suasana bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran” bagi guru dan pegawai SMA PGRI Waingapu

comments

No comments:

Post a Comment